Kamis, 27 Januari 2011

Teknik Elektro S-1

Posted by Kampus ISTN 05.27, under | No comments

Selamat Datang di Situs Resmi Program Studi Teknik Elektro (Terakreditasi BAN PT : Peringkat B)

VISI PROGRAM STUDI
Menjadi program studi yang handal dan berdaya saing tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang teknik Elektro untuk kejayaan dan kesejahteraan manusia Indonesia pada khususnya dan umat manusia pada umumnya di era global.
MISI PROGRAM STUDI
Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang teknik Elektro yang menjunjung tinggi tata nilai, etika, norma, budaya berdasarkan Pancasila melalui proses pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berkualitas.
TUJUAN PENDIDIKAN
1. Menghasilkan lulusan bidang Elektrikal yang mempunyai kemampuan akademik, manajerial, berdaya saing tinggi, berjiwa kewirausahaan, mandiri, profesional serta mampu mengembangkan dan atau merancang ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup.
2. Menghasilkan penemuan baru dalam bidang Elektrikal yang bermanfaat bagi kehidupan dan kelestarian lingkungan hidup.
3. Menghasilkan ilmuan bidang Elektrikal yang mampu mengembangkan teknologi baru serta tanggap terhadap kepentingan masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup.

Program Studi Teknik Elektro mempunyai beberapa Pilihan, antara lain;
- Pilihan Elektronika
- Pilihan
Telekomunikasi
- Pilihan
Sistem Kendali
- Pilihan
Tenaga Listrik
Perkuliahan reguler dilaksanakan di Kampus ISTN Bhumi Sreng Indah, dan diasuh oleh Dosen Tetap lulusan S3, S2, dan S1 baik dari dalam negeri, maupun dari luar negeri. Selain itu terdapat pula Kelas paralel lainnya baik di Kampus Utama Srengseng, Kampus ISTN Cikini, dan Kampus ISTN Durentiga.
Fasilitas pendukung kegiatan perkuliahan antara lain Ruang Kuliah, Ruang Seminar/ Multiguna, Ruang Auditorium, yang dilengkapi dengan peralatan Audio-Video. Selain itu juga terdapat Akses Internet secara Gratis baik melalui Jaringan Terpadu ISTN, maupun melalui Hotspot.
Kegiatan kemahasiswaan dikoordinir oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro dan Unit Kegiatan Kemahasiswaan. Sedangkan kegiatan praktek kerja dan magang kerja (CO-OP) bekerjasama dengan institusi seperti PT. PLN, PT. Telkom, PT. Astra, PT. Indosat, PT. Pertamina, PT. Areva, dll.

Saat ini Program Studi Teknik Elektro telah meluluskan lebih dari lima ribu alumni, yang tersebar diseluruh tanah air, baik yang bekerja di Instansi Pemerintah, maupun yang bekerja di sektor swasta. Ada pula yang bergerak sebagai Wiraswasta di berbagai bidang. Sebagian lagi bekerja sebagai Peneliti dan Dosen, baik didalam maupun luar negeri.

Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi merupakan kegiatan Utama pada Program Studi Teknik Elektro. Kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan menggunakan
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang mulai diterapkan pada tahun ajaran 2008/2009, sedangkan Sistem pengajaran menggunakan sistem Student Centerred Learning (SCL), dimana terdapat materi yang berkaitan dengan Hardskill dan Softskill,untuk keperluan ini telah diadakan workshop mengenai penerapan Softskill bagi mahasiswa didalam kurikulum berbasis kompetensi di ISTN. Kegiatan penelitian , yang merupakan pilar kedua, juga dilakukan pada Program Studi Teknik Elektro melalui program penelitian, seminar, dan penulisan karya ilmiah yang diterbitkan melalui Journal Ilmiah Prodi Teknik Elektro, yaitu " Journal Sinusoida ", yang terbit setiap edisi pada akhir semester . Sedangkan kegiatan pengabdian masyarakat juga dilakukan melalui Pusat Pengabdian Pada Masyarakat ISTN.

0 komentar:

Posting Komentar