Kamis, 27 Januari 2011

Teknik Industri S-1

Posted by Kampus ISTN 05.40, under | 1 comment

Jurusan Teknik Industri S1 yang berada dibawah Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains dan Teknologi Nasional berdiri dan mulai operasional pada tahun 2003 dengan SK DIKTI No. 3546/D/T/2003. Faktor utama yang mendorong berdirinya jurusan ini adalah terbukanya peluang pasar/kerja yang besar bagi lulusan/sarjana Teknik Industri. Mengingat semakin pesatnya perkembangan dunia industri saat ini dan semakin cepatnya perkembangan pembangunan yang membutuhkan tenaga kerja yang mempunyai kemampuan penguasaan di semua sistem jaringan kerja dalam industri dalam rangka optimalisasi kinerja ( performance ). Selain itu juga untuk menghadapi pelaksanaan otonomi daerah dan era pasar bebas, dimana setiap perusahaan ditantang untuk dapat mengoptimalkan kinerjanya sehingga akan didapatkan efisiensi yang tinggi.

Saat ini Jurusan Teknik Industri memiliki 7 orang staf akademik penuh waktu yang terdiri dari 6 orang mempunyai kualifikasi S-2 dan 1 orang S-3. Pada tahun akademik 2004/2005 jumlah mahasiswa aktif sebanyak 20 orang dan staf akademik paruh waktu 25 orang dengan kualifikasi 5 orang berpendidikan S-1, 18 orang berpendidikan S-2 dan 2 orang berpendidikan S-3. Hingga saat ini belum memiliki lulusan yang dihasilkan oleh Jurusan Teknik Industri FTI-ISTN.

Jurusan Teknik Industri mempunyai :

Visi

Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi bidang Teknik Industri yang handal dan berdaya saing tinggi ”.

Misi

Mengembangkan kualitas sumberdaya manusia dalam bidang Teknik Industri melalui proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai”.

Dalam mengimplementasikan Misi tersebut, maka Sasaran yang dirumuskan pada Jurusan Teknik Industri adalah :

(1) Menghasilkan lulusan yang menguasai “ Basic Industrial Engineering ” yang kuat

(2) Menguasai pemrograman dan simulasi komputer secara baik

(3) Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan dengan baik

(4) Menguasai pemahaman Technopreunership.

Oleh karena itu secara umum Tujuan pendidikan pada Jurusan Teknik Industri adalah :

a. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kemampuan akademik, manajerial, terampil, mandiri, berakhlak mulia dan berdaya saing tinggi dalam era pasar global

b. Mengembangkan, menyebarluaskan dan memperdalam bidang teknik industri, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut maka berdasarkan kondisi yang ada sekarang, target yang akan dicapai dalam proses belajar mengajar di Jurusan Teknik Industri, yaitu meningkatkan jumlah dan kualitas calon mahasiswa dengan kualifikasi baik dan menghasilkan lulusan dengan kualitas baik.

Dari target diatas dan dengan kondisi yang ingin dicapai, maka Strategi yang dijalankan adalah sebagai berikut :

• Melakukan promosi yang terarah sehingga masyarakat luas dapat mengenal dan mamahami Jurusan Teknik Industri ISTN dengan baik .

• Memberikan bea siswa kepada mahasiswa yang berprestasi akademik baik.

• Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai.

• Meningkatkan kualitas pelayanan terhadap mahasiswa.

• Serta tindakan-tindakan lain yang sebaiknya dilakukan untuk mendukung proses pembelajaran di Jurusan Teknik Industri .

Untuk mengimplementasikan program diatas diperlukan sarana dan prasarana yang mendukung, antara lain adalah dukungan biaya melalui beberapa alternatif, diantaranya yaitu dana hibah dari lembaga lain, melalui proses persaingan atau kompetisi antar perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia (nasional) yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional maka Jurusan Teknik Industri pada tahun 2006 ini telah berhasil memperoleh program hibah perguruan tinggi yaitu Program Hibah Kompetisi A-1, dengan harapan dapat terealisasi, sehingga tujuan dan sasaran yang telah diuraikan dapat terwujud.

Rencana Pengembangan Jangka Panjang

Dalam rangka peningkatan kualitas belajar mengajar Jurusan Teknik Industri maka perlu dibuat perencanaan ke depan dalam bentuk rencana pengembangan jangka panjang yang mengacu pada Renstra Institut dalam program 2005-2010. Rencana pengembangan jangka panjang tersebut antara lain, Pelaksanaan Akreditasi yang ditargetkan sampai mencapai nilai A, Pengembangan sarana prasarana yang memadai, Menerapkan kurikulum yang berbasiskan KBK dengan sistim pembelajaran yang mengacu kepada sistim student centre learning dan menciptakan suasana akademik yang kondusif sehingga terjadi peningkatan jumlah mahasiswa, kelulusan yang tepat waktu dengan waktu tunggu untuk bekerja lebih cepat.

Kondisi Eksternal

Interaksi dengan unit lain

Jurusan Teknik Industri merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Teknologi Industri ISTN. Oleh karena itu, Struktural Jurusan menangani masalah operasional akademik, sedangkan hal-hal lain seperti adaministrasi akademik, manajemen sumberdaya manusia, keuangan, rumah tangga, perpustakaan, kemahasiswaan, alumni dikelola secara terintegrasi oleh Fakultas dan Institut.

Penggunaan fasilitas laboratorium dapat dilakukan antar Jurusan maupun antar Fakultas yang pemakaiannya dimaksudkan untuk mengoptimalkan sumberdaya yang ada. Jurusan Teknik Industri dalam hal ini selain menggunakan laboratorium yang dimiliki sendiri, juga menggunakan laboratorium yang ada di Jurusan lain pada satu Fakultas maupun laboratorium yang ada di Fakultas lain.

Dalam pelaksanaan perkuliahan, terdapat beberapa mata kuliah yang pelaksanaannya diintegrasikan dengan jurusan lain, seperti pada kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian dan Bahasa Inggris. Demikian juga dalam penggunaan ruang kuliah, beberapa perkuliahan dilaksanakan bersama jurusan lain.
SELAMAT MENEMPUH UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL 2008-2009
" S E M O G A   S U K S E S "

1 komentar:

NICE ARTIKEL :d

KUNJUNGI JUGA http://teknik-industri-istn.blogspot.co.id/

Posting Komentar